Jumat, 01 Februari 2019

Apa itu wordpress?




Apa Itu WordPress?

WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Secara umum, sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, dan author untuk mengelola website dan menerbitkan konten tanpa harus menguasai istilah teknis dan bahasa pemrograman terlebih dulu.
WordPress menggunakan PHP dan MySQL, yang ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Terdapat juga paket WordPress hosting yang menawarkan kelebihan dalam kecepatan, performa, dan keandalan website.
Kelebihan WordPress lainnya terletak pada tipe website yang bisa dibuat di platform ini. CMS ini memungkinkan Anda tak hanya membuat blog sederhana, tapi juga situs ecommerce, portofolio, newspaper, atau apa pun yang diinginkan.
Salah satu hal terbaik WordPress adalah CMS ini memiliki software antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Apabila Anda tahu cara menggunakan Microsoft Word, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat hendak mengoperasikan WordPress: membuat dan menerbitkan konten semudah menjentikkan jari.

Selain itu, WordPress bersifat open-source dan bisa digunakan oleh siapa pun. Bahkan CMS WordPess memungkinkan jutaan orang di dunia untuk membuat website modern berkualitas tinggi – meski Anda masih pemula sekalipun.


Sejarah WordPress
Sejarah WordPress diawali pada tahun 2003 di mana dua developer, Matt Mullenweg dan Mike Little, membuat platform blogging baru karena software b2/cafeblog dihentikan. Segera setelah proyek tersebut ditinggalkan, kedua developer tersebut memutuskan untuk mengambil alih, mempertahankan, dan melanjutkan pengembangan dengan cara mereka sendiri.
Mullenweg dan Little merilis versi pertama WordPress (WordPress 1.0) pada bulan Januari 2004. Tampilan awalnya benar-benar berbeda dari CMS WordPress sekarang yang sudah kaya fitur. Meski demikian, versi pertama ini sudah menawarkan sebagian besar fitur inti yang kita gunakan hari ini, misalnya editor WordPress, proses instalasi yang mudah, permalink, sistem manajemen user, kemampuan memoderasi komentar, dan lain sebagainya.
Sejak tahun 2004, WordPress telah melalui banyak sekali proses transformasi. Kini, WordPress dikembangkan, dikelola, dan di-maintain oleh komunitas open-source berdedikasi yang terdiri atas ribuan pengguna di seluruh dunia. Pengguna ini bekerja secara remote, sebagian dari mereka bekerja secara sukarela tanpa dibayar, dan ada yang bertemu langsung di konferensi distribusi WordPress yang disebut WordCamp. WordPress masih terus dikembangkan, dan versi baru dirilis setiap 2 atau 3 bulan. Setiap versi membawa fitur dan sistem keamanan terbaru yang telah diupdate ke platform.


Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

WordPress.org
WordPress.org merupakan website yang digunakan jika Anda ingin membuat situs WordPress self-hosted. Melalui situs ini, Anda bisa mengunduh platform WordPress dan mendapatkan berbagai plugin dan tema gratis. Untuk mengonlinekan website melalui WordPress, Anda harus membuat nama domain dan membeli paket web hosting.
WordPress menggunakan PHP dan MySQL agar bisa aktif dan bekerja. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan paket WordPress hosting yang memang ditujukan untuk mengoptimalkan performa CMS WordPress.

WordPress.com
WordPress.com merupakan perusahaan hosting yang menggunakan sistem manajemen konten WordPress untuk semua blog yang dibuat di CMS tersebut. Jika tertarik mendaftar dan membuat blog di sini, maka tipe domain yang Anda dapatkan adalah myblog.wordpess.com (meskipun tersedia juga custom domain berbayar). Paket defaultnya gratis tapi memiliki beberapa keterbatasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan XAMPP dan Web Server