Jumat, 18 Januari 2019

Kuliah? Jurusan?

 

Masih bingun mau kuliah jurusan apa?

Ini tips nya

1.konsekuensinya.

Beberapa minggu yang lalu, waktu gua ngobrol sama anak-anak dari Zenius-X, mereka ceritain satu hal yang lucu, jadi dari sekian banyak orang yang daftar bimbel di Zenius untuk program alumni atau intensif SBMPTN, ternyata sekitar 70% bilang MAU NYOBA FAKULTAS KEDOKTERAN. Buset dah, banyak amat yak yang mau jadi dokter.. Gue jadi inget waktu TK atau SD kalo guru nanya cita-cita jadi apa, hampir semua bilang mau jadi dokter, menyusul yang mainsteam lainnya adalah profesi pilot dan presiden. Kadang gua mikir apa mereka masih terbuai romantisme masa kecil yak? Hehehe..
Sebetulnya nih, nggak ada salahnya sama sekali kalo mau jadi dokter, tapi yang masalah itu kalo niat lo setengah hati, apalagi kalo bilang cuma “mau nyoba” jadi dokter, wah bahaya banget tuh!
Kenapa gua bilang bahaya? Karena rupanya sebagian besar anak yang ditanya kenapa pengen masuk FK, banyak banget yang alesannya tuh agak-agak kurang meyakinkan. Contohnya:
  • “Wah kenapa yah..kayaknya seru aja masuk FK, hehehe..”
  • “Jadi dokter itu profesi idaman calon mertua”
  • “Jadi dokter kan keren dan kerjaannya jelas ngapain, duitnya juga oke kayaknya.”
Terus giliran gua ceritain kuliah kedokteran itu susahnya kayak apa..

“Waduh, iya juga yaah.. gua kayaknya nggak siap jadi dokter yang harus siap ngeliat darah setiap saat dan tetap tenang ngeliat orang yang sekarat dan mati tiap hari.. Lagian juga agak jijikan dan takut ngeliat darah..”

y u no guy tentang milih jurusan
Nih gini yah, kalo lo emang mau nentuin jurusan, pastiin lo harus tau betul secara detil apa aja yang akan lo alami di kuliah lo nanti. Sebagai contoh buat lo yang kuliah di kedokteran, pastiin kalo lo tuh bisa tahan bedah-bedah mayat yang udah kondisinya udah gak karuan karena udah meninggal berbulan-bulan dan cuma diawetin sama formalin, pastiin juga lo rela kuliah lebih lama daripada temen-temen lo yang milih jurusan laen dan siap mengabdi ke daerah pedalaman sebagai syarat profesi selama kurang lebih 2 tahun, pastiin lo masih harus belajar keras di tahun keempat buat dapet gelar Sarjana Kedokteran (belum jadi dokter lho!)… sementara temen-temen lo yang di jurusan lain udah kerja di perusahaan multinasional, merintis bisnis sendiri, keterima beasiswa kuliah S2 di luar negeri, dan menapaki karir jadi artis ibukota, dsb.. PS. Lo bisa baca kisah perjuangan kuliah kedokteran di artikel Zenius yang ini.
Kalo lo emang udah siap nerima semua konsekuensi itu dan tetap mau jadi dokter karena emang lo berambisi untuk terjun dan terlibat dalam perkembangan dunia medis, itu baru keputusan yang MANTAB buat milih jurusan!
Intinya sih, apapun jurusan yang lo ambil, pastiin lo tau apa yang akan lo hadapi dan juga siap nerima konsekuensinya. Ini gua ambil satu contoh aja dari sudut pandang FK. Hal yang sama juga berlaku bagi bidang apapun yang mau lo tekuni, baik jadi insinyur, psikolog, musisi, arsitek, pilot, politisi, seniman atau apa pun juga!

2. Jangan pernah milih jurusan hanya karena prospek finansial

Pertanyaan klasik yang biasanya ditanyain anak yang mau milih jurusan adalah

“Eh Glenn.. Kalo ambil jurusan X nanti kerjanya ngapain yah? Karirnya bagus gak? Duitnya oke gak?”

Gua ngerti sih, duit itu emang penting. Siapa juga yang nggak mau jadi orang kaya yang sukses dan punya kebebasan finansial. Biasanya nih, faktor ini juga yang jadi pertimbangan orangtua yang pengen anaknya bisa nyaman dengan hidupnya, ya salah satu cara paling simpel ya memang dengan jadi orang kaya. Jadinya nggak jarang ada orangtua yang mengambil peran cukup besar dalam keputusan milih jurusan anaknya. Yah wajar sih, namanya juga (biasanya sih) mereka yang bayarin duit kuliah kita.. Hal yang sama juga dilakukan kok sama ortu gua dulu..
Dari sini, gue paham kekhawatiran ortu dan niat baik mereka buat menjaga anak-anaknya supaya tetap sejahtera dan hidup “nyaman” sampai akhir hayatnya. Kita juga harus bisa liat dari kacamata mereka juga dalam hal ini.. di zaman mereka muda dulu, mungkin memang langkah pragmatis – dengan melihat segalanya dari tolak ukur ‘uang’ adalah hal yang paling realistis, makanya mereka bisa nyekolahin lo sampai sejauh ini.
Well, tanpa mengurangi rasa hormat gue sama ortu gue dan ortu lain di luar sana, gua menolak dengan hormat untuk memakai sudut pandang itu untuk jaman sekarang.
Karena menurut gue, yang namanya esensi pendidikan itu bukan lagi untuk mempersiapkan diri lo di dunia kerja supaya lo bisa cari duit yang banyak dan jadi orang kaya. Mungkin pandangan ini memang masih relevan di zaman orangtua kita dulu yang mana belom banyak ada kesempatan. Tapi sekarang? Lo udah sampai di zaman di mana lo bisa jadi apa pun yang lo mau asal lo cukup niat buat memperjuangkan hal itu.
Jadi, pendidikan itu buat apa dong kalo bukan buat persiapan kerja dan cari duit?
Pendidikan itu untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual lo untuk bisa berkembang sesuai dengan apa yang bener-bener lo inginkan.. Pendidikan membuat lo bisa melihat masalah di sekeliling lo dengan cara yang lebih tepat, dan membuat lo bisa menyelesaikan hal itu dengan cara yang paling efisien.. dan kalo lo emang bener-bener menikmati proses belajar itu dan menjadi expert dalam bidang lo, percaya deh kalo urusan duit itu gak akan kemana..
Kalo bidang yang emang lo nikmati itu sekarang dinilai kurang berprospek dari segi finansial.. Well, sebetulnya balik lagi sampai sejauh mana lo menghargai hasrat dan ambisi lo itu dibandingkan peluang finansial. Tapi kalo boleh gua kasih saran nih.. Akan jauh lebih mudah lo untuk mencari celah untuk selalu bisa dapet peluang, kalo lo menikmati bidang yang lo tekuni – daripada lo kuliah di jurusan yang bergengsi tapi ujung-ujungnya jadi masuk genk mahasiswa salah jurusan yang cuman bisa mengeluh dan kuliah dengan setengah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbedaan XAMPP dan Web Server